Senin, 21 April 2008

Angket

Lima karakter guru yang saya sukai:
1. Memotivasi
Guru mampu memberikan motivasi/dorongan/semangat bagi siswanya dalam belajar. Selalu mengajarkan untuk tidak mudah putus asa dalam belajar. Terlebih apabila siswa didiknya mengalami kesulitan dalam memahami suatu pelajaran, guru harus benar-benar berperan penting dalam memotivasinya untuk terus berusaha belajar lebih giat lagi.
2. Bersahabat
Guru selalu bisa mengakrabkan dirinya dihadapan siswa-siswinya. Tidak membeda-bedakan muridnya antara yang kaya dan miskin, yang pintar dan yang bodoh, yang cantik dan yang buruk dan lain-lain. Mengajar dengan cara yang sangat bersahabat, artinya walaupun serius namun tetap ada celah-celah santai dalam belajar. Menganggap muridnya seakan-akan seperti anak sendiri sehingga sangat bersungguh-sungguh dalam mengajar dan memberikan yang terbaik bagi siswanya.
3. Humoris
Setelah mengajar dengan serius sehingga menjadikan otak siswanya tegang karena berpikir, guru harus bisa mencairkan suasana dengan sedikit memberikan hiburan bagi siswanya sehingga suasana belajar menjadi tidak membosankan karena dengan ini bisa merefresh otak siswanya.
4. Penyabar
Guru harus sabar dalam mengajar, menghadapi siswanya yang merasa kesulitan dalam memahami pelajaran dan mengajarkannya kembali hingga siswanya mampu memahami betul apa yang diajarkan.
5. Ramah dan Perhatian
Guru yang selalu bisa menampakkan keramahan terhadap siswanya baik didalam kelas maupun diluar kelas. Tidak mudah marah dan selalu menghargai siswanya (tidak merendahkan siswanya, terlebih pada siswa yang kurang pintar). Tidak terlalu menuntut siswanya dalam segala hal. Memberikan kesempatan dan kebebasan bagi siswanya untuk berpendapat. Serta selalu respect dalam perkembangan belajar siswa-siswinya.

Lima karakter guru yang tidak saya sukai:
1. Keras dan Galak
Guru yang sangat mudah marah. Selalu membesar-besarkan masalah yang dibuat oleh siswanya.
2. Malas
Malas dalam mengajarkan kembali pelajaran yang kurang dipahami oleh siswa didiknya. Tidak sabar dalam menghadapi siswa yang kurang mengerti alam pelajaran.
3. Suka Menuntut
Guru yang suka menuntut/memaksa dalam segala hal pada muridnya tanpa mengerti bagaimana keadaan siswanya.
4. Guru yang suka membeda-bedakan antara murid satu dengan murid yang lainnya. Tidak memandang keseluruhan siswanya. Tidak adil dalam mengajar, memfokuskan kepada siswa-siswa yang pintar saja dan melalaikan siswa yang kurang pintar. Serta guru yang tidak mempedulikan perkembangan belajar siswa didiknya.
5. Guru yang mempunyai sifat keras kepala, yang selalu menyalahkan pendapat muridnya apabila pendapat muridnya tidak sama dengan pendapatnya. Padahal, setiap orang tentu mempunyai pemikiran yang berbeda. Ini berarti guru tersebut tidak memberikan kebebasan dan kesempatan muridnya untuk memberikan argumennya. Ini dapat berakibat tidak berkembangnya pemikiran siswa didiknya.

Tidak ada komentar: