Jumat, 11 April 2008

Kreatifitas Remaja

Kreatifitas merupakan suatu sifat yang didalamnya ada beberapa kegiatan yang sangat bermanfaat. Kegiatan yang dilakukan didalanya biasanya berupa kegiatan menciptakan sesuatu yang tentunya mengandung banyak manfaat.
Salah satu bentuk kreatifitas diantaranya adalah tentang kegiatan pemanfaatan kertas-kertas bekas, yang sudah tidak terpakai lagi, yang biasanya dianggap sudah tidak mempunyai nilai lagi. Dari kertas-kertas bekas ini, kita bisa mengubahanya menjadi sebuah barang yang bernilai dan bermanfaat. Yakni dengan langkah-langkah yang awalnya mengumpulkan semua kertas-kertas bekas yang kita punya. Lalu kita rendam dalam air selama beberapa hari sampai semua kertas-kertas tersebut telah berubah menjadi bubur kertas karena kesemua kertas-kertasnya sudah menyatu. Setelah itu, kita bisa membentuknya sesuai dengan yang kita inginkan atau kita bisa meratakannya seperti kertas karton lebar. Setelah itu, kita jemur dibawah sinar matahari. Setelah kering, bubur kertas yang tadi kita bentuk seperti karon lebar kita bisa memotong-motongnyamenjadi suatu bentuk yang kita inginkan. Produk-produk yang bisa kita hasilkan dari kertas daur ulang ini diantaranya adalah tempat pensil, frame foto, notebook, dompet, tas, dan lai-lainnya yang tentunya akan menjadi suatu barang yang indah, bermanfaat, dan yang paling penting adalah mempunyai nilai. Ini merupakan suatu kegiatan yang baik dimana kita bisa memproduksikan suatu barang yang bermanfaat dari sesuatu yang dianggap tidak bermanfaat.
Selain dari kertas-kertas bekas, kita juga bisa mengapresiasikan jiwa kreatifitas kita dengan bahan mute. dimana seperti yang kita ketahui, mute-mute ini bentuknya sangat kecil. Dari benda ini, kita bisa membentuknya menjadi tas, gantugan kunci, tempat pensil, hiasan dinding dan berbagai benda yang menarik lainnya. Pengalaman kreatifitas dimasa remaja saya adalah pada pembuatan benda-benda dari mute-mute ini. Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya masih duduk dikelas tiga SMP. Ketika itu, guru KTK saya mengajari bagaimana membuat sesuatu dari benda kecil ini. Benda yang saya buat pada saat itu adalah sebuah gantungan kunci. Awalnya, saya merasa kesulitan untuk mengikuti tahap demi tahap langkah-langkah pembuatan yang harus saya ikuti. Tapi, dengan penuh kesabaran dan usaha saya, sayabisa membuatnya sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru saya. Ketika itu, saya merasa sengan, karena ini pengalaman kreatifitas dimasa remaja saya setelah sebelumnya saya bisa membuat kartu lebaran sendiri dari kertas-kertas yang sudah tidak terpakai lagi.

Tidak ada komentar: